7 Tips Persiapan Sebelum Rafting Arung Jeram Aman Pemula

Tips Persiapan Sebelum Rafting

Pentingnya Tips Persiapan Sebelum Rafting atau Arung Jeram yang Aman bagi Pemula. Baik yang tidak bisa berenang, saat menstruasi dan Tips Rafting Sungai Elo Magelang. Info yang sangat menarik untuk anda yang sudah reservasi dengan kami maupun yang baru akan.

Tips rafting untuk pemula ini akan sangat efektif anda terapkan, jika anda mengikuti aktivitas arung jeram di Magelang. Perbedaan sungai dan standar keamanan didaerah lainpun hampir sama sehingga Tips Persiapan Sebelum Rafting ini bisa menjadi referensi anda.

Dengan rafting ternyata bisa mencicipi pengalaman baru yang begitu menyenangkan. Bisa mengarungi sungai terpanjang di Magelang, mendayung sekuat tenaga biar enggak terbawa arus, serta menikmati momen-momen hening di alam.

Bagaimana dengan kamu yang belum pernah mencobanya sekalipun? Pasti muncul banyak pertanyaan di kepala, mulai dari pakaian yang tepat sampai cara mendayung. Nah, biar acara liburan tetap lancar, akan berbagi tip rafting untuk pemula.

Persiapan Sebelum Rafting

Tips Persiapan Sebelum Rafting yang Aman bagi Pemula

Pastikan untuk menyiapkan segala sesuatunya agar rafting berjalan dengan sangat menyenangkan dan penuh keceriaan. Meskipun kita sudah pasti dipandu oleh instruktur yang handal dan berpengalaman dalam rafting, jangan sampai kita menyepelekan hal-hal yang menyangkut keselamatan diri kita. Bagaimanapun rafting atau arung jeram dilakukan di sungai yang memiliki arus cukup deras.

7 Tips Persiapan Sebelum Rafting supaya lebih aman, nyaman, dan pastinya menyenangkan.

1.Pilih Rute Sungai Sesuai Keinginan Anda

Rafting Magelang sangat komplit Grade Sungainya, mulai yang kelas Wisata Pemula sampai Kelas Extreme. Kami mempunyai 4 rute yang bisa memanjakan keinginan anda:

Sangat Komplit kan, anda tinggal pilih aja kami sediakan.

2. Pastikan Pilih Operator Terbaik, Harga Termurah tapi Layanan Profesional

Selain harga murah untuk saving budget anda, pastikan layanan tetap profesional dan peralatan berstandart untuk kemananan dan kenyamanan anda. Kami selalu memastikan bahwa customer adalah perhatian utama kami.

Oleh karena itu, maka kami hanya akan merekomendasikan operator rafting Magelang yang memiliki rekor keselamatan 100%, yaitu Dream Rafting by Kompas Adventure.

tips rafting bagi yang tidak bisa berenang

3. Kondisi Kesehatan Fit dan Prima

Pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat dan benar-benar fit. Jika dirasa sedang kurang enak badan, sebaiknya pulihkan dulu kesehatan tubuh kita. Berarung jeram membutuhkan energi yang cukup banyak, sehingga penting menjaga stabilitas kesehatan sebelum arung jeram.

Meskipun di beberapa kasus ringan, ada yang kurang fit justru menjadi sehat dan menjadi bugar setelah arung jeram. Karena, arung jeramnya betul-betul menyenangkan.

4. Pakaian yang Nyaman untuk Outdoor

Biar tetap nyaman saat rafting, Tips Persiapan Sebelum Rafting berikutnya kenakanlah pakaian dan alas kaki yang tepat. Pakai kaos dan celana pendek atau legging, atau bahan-bahan yang dry fit, karena setelah rafting akan basah kuyup dan berganti pakaian.

Untuk alas kaki, hindari sandal jepit karena bisa terlepas dari kaki dan licin. Walau begitu, nggak perlu juga pakai sepatu, sayang, kan, kalau basah apalagi rusak. Paling tepat memakai sandal gunung bertali, yang nyaman dan paling pas untuk kegiatan outdoor.

5. Usahakan sarapan Dulu

Rafting  memakan waktu sekitar 2.5 – 3 jam. Itu pun di luar perjalanan dari basecamp pergi dan pulangnya, ya. Supaya tenagamu terisi dan bisa mengikuti aktivitas beberapa jam ke depan, jangan lupa isi perut dulu.

Walaupun ditengan pengarungan kami menyiapkan Kelapa Muda dan Snack tradisional yang dapat anda nikmati.

6. Pastikan semua peralatannya lengkap

Fasilitas peralatan dan perlengkapan safety sudah kami siapkan, diantaranya;

  • perahu (boat)
  • pelampung (life vest)
  • helm untuk pelindung kepala dari benturan dengan benda keras semacam batu dll,
  • dayung (paddle)

Untuk life jacket / pelampung, pilihlah yang ukurannya pas di badanmu. Mengenakannya pun jangan terlalu ketat supaya kamu bisa lebih leluasa bernapas. Tapi, jangan pula terlalu longgar. Senyamannya saja.

Untuk Perlengkapan pribadi yang harus dibawa bisa dibaca disini:

Perlengkapan yang Harus dibawa Saat Rafting

7. Selalu Ikuti Instruksi Guide Rafting

Sebelum rafting dimulai, instruktur akan memberikan briefing atau arahan yang mesti seluruh peserta perhatikan. Arahan tersebut meliputi berbagai hal teknis dari awal hingga antisipasi terjadi hal-hal tak diinginkan selama rafting. Sebaiknya tidak mengabaikan hal-hal yang disampaikan oleh instruktur demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Dayung memegang peranan vital untuk pengendalian perahu. Sebelum anda melakukan aktivitas arung jeram di Magelang, anda akan mendapatkan pelatihan dari pemandu rafting. Pelatihan mengenai cara menggunakan dayung yang benar. Teknik menggunakan dayung biasanya berdasarkan posisi anda duduk di atas perahu karet.

tips rafting yang aman untuk pemula

Tips Rafting Bagi yang Tidak Bisa Berenang

Walaupun anda tidak dapat berenang, tidak ada satu operator rafting Magelang yang akan menolak anda untuk dapat mengikuti aktivitas rafting di Magelang. Karena memang peserta yang tidak dapat berenang, tidak menjadi kendala untuk ikut dalam aktivitas olah raga arung jeram Magelang.

Sangat penting untuk mengkomunikasikan segala sesuatu terkait kondisi diri dan kemampuan penyelamatan diri yang bisa anda lakukan (self rescue) seperti apakah anda bisa berenang di sungai atau tidak. Hal ini guna memberikan gambaran utuh bagi instruktur agar bisa lebih menyiapkan segala sesuatunya secara komprehensif.

Bagi yang tidak bisa berenang tidak usah khawatir karena ada pelampung yang tetap melindungimu.

Walau kamu mahir berenang, tetap wajib pakai rompi pelampung yang pas di tubuh dan helm untuk melindungi kepala dari benturan. Jika rompi pelampung kebesaran, tinggal tarik tali di bagian samping rompi dan sesuaikan dengan ukuran badanmu.

Bermain rafting kalau tidak nyebur ke air rasanya kurang . Di aliran sungai yang flat, guide akan mengajak anda bermain-main dan boleh nyebur berenang. Saat berenang, arahkan tubuh menghadap ke atas dan terlentang seolah sedang berbaring di atas air. Selanjutnya, arahkan tubuh mengikuti arus sungai, dan bukannya melawan arus. Pemandu yang bertugas pun akan segera memberikan aba-aba bila anda harus segera naik lagi ke perahu.

Tips Rafting Saat Menstruasi atau Haid

Bagi para wanita ini sering menjadi pertanyaan. Tidak sedikit yang menanyakan hal tersebut kok, jadi anda tak perlu malu. ini Tips Persiapan Sebelum Rafting yang jarang dibahas tapi sering dipertanyakan.

Pada dasarnya, Rafting Saat Menstruasi atau Haid itu boleh dan bisa aja. Tapi anda perlu mengkomunikasikan hal ini ke guide perahu anda. Bila malu, cukup sampaikan secara pribadi saat tidak ramai orang.

Kenapa harus menyampaikan bahwa anda sedang Menstruasi atau Haid kepada guide? Biasanya nanti guide akan memberikan perhatian dan instruksi khusus terkait posisi duduk anda disebelah mana, dll. Tidak perlu takut atau ragu atau malu, lanjut aja.

You may also like...